https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
KOMPARASI METODE NHT DAN LEARNING CYCLE TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SMP NEGERI 12 PURWOREJO | Fardhilah | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

KOMPARASI METODE NHT DAN LEARNING CYCLE TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SMP NEGERI 12 PURWOREJO

Nurul Fardhilah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan NHT dan Learning Cycle pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Purworejo. Desain penelitian ini menggunakan Control Group Posttest Only Design dengan kelas eksperiemen I adalah kelas VIIIB dikenai NHT, dan kelas eksperimen II dikenai Learning Cycle. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes transfer dekat dan transfer jauh. Analisis uji menggunakan uji t. Berdasarkan dari  hasil pengolahan data menunjukkan bahwa tingkat pemecahan masalah matematika siswa baik dari kemampuan transfer dekat maupun kemampuan transfer jauh menunjukkan lebih dari 75% siswa mampu memecahkan masalah matematika. Hasil pengolahan data didapatkan = 0,579 untuk transfer dekat dan =  untuk transfer jauh,  sedangkan = . Bearti tidak terletak pada daerah kritik, sehingga H0.diterima Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pemecahan masalah dengan menggunakan metode NHT dan metode Learning Cycle baik dalam kemampuan transfer dekat maupun kemampuan transfer jauh.

 

Kata kunci: NHT, learning cycle, pemecahan masalah


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v26i2.3582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.